Sabtu, 26 November 2016

Hari HIV/AIDS Sedunia, Hargai Pengidap HIV/AIDS



Pengidap HIV/AIDS selalu merasa terkucilkan, karena masyarakat masih banyak tidak mengetahui bagaimana harus memperlakukan pengidap AIDS. Penyakit AIDS dapat menular hanya melalui jarum suntik atau narkoba, hubungan seksual, infeksi ibu ke anak, dan transfusi darah. Setiap tahun pengidap HIV positif semakin bertambah bahkan ada yang sampai berkembang menjadi penyakit AIDS.
Peringatan Hari HIV/AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember bisa dijadikan moment untuk mensosialisasikan tentang cara memperlakukan Orang Dengan HIV/AIDS, bahwa tidak selamanya virus itu bisa menyebar, kecuali dengan melakukan hal-hal yang memang bisa menyebabkan terinfeksi virus HIV seperti yang disebutkan diatas. Beberapa hari lagi kita semua akan memperingati hari HIV/AIDS ini, semoga dengan peringatan ini kita semakin lebih tau tentang HIV/AIDS terutama tau bagaimana cara memperlakukan seseorang yang terkena virus ini.

Masih banyak masyarakat yang menjauhi pengidap atau yang sering disebut dengan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) Karena takut tertular oleh virus tersebut. Sehingga mereka merasa terkucilkan, tidak berdihargai, dan tidak berguna di masyarakat. Banyak ODHA yang mengakhiri hidupnya hanya karena kurangnya perhatian dari keluarga dan masyarakat.


Seharusnya, masyarakat memperlakukan ODHA dengan manusiawi, mereka juga ingin dianggap seperti yang lainnya, Karena Virus itu tidak akan menyebar kalau hanya dengan berjabat tangan, karena HIV penyebarannya melewati darah.
Jangan menguucilkan ODHA dari pergaulan, karena itu membuat dirinya semakin terpuruk. Kita harus tetap menjaga pergaulan dengan mereka, jauhi virusnya bukan orangnya. Karena mereka membutuhkan dukungan psikolog untuk tetap bisa bertahan dalam penyakitnya. Dengan kita memberikan dukungan psikolog kepada mereka, kita sudah meringankan beban mereka sebagai pengidap.Tidak hanya dukungan psikolog, tapi kita juga bisa menuntun mereka untuk kembali ke jalan sang pencipta, agar hidup mereka tenang.
INGAT! JAUHI VIRUSNYA BUKAN ORANGNYA !!

By: Siti Rokhmawati


Salam ABRI

1 komentar:

  1. luar biasa mbak Rokhmah..
    ditunggu yaa karya selanjutnya ;)

    BalasHapus