Selasa, 27 Maret 2018

Anugerah Tuhan Yang Bernama Mata


Anugerah Tuhan Yang Bernama Mata



        Kunci semua kebahagiaan adalah kesehatan yang baik. Kesehatan mata, sebagai salah satu indera dalam tubuh kita adalah salah satu hal yang tak boleh dilupakan. Mata yang indah tak lepas dari mata sehat. Mata adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita, dengan mata kita dapat menikmati segala keindahan yang ada di dunia. Mata merupakan salah satu organ terpenting tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Dengan mata kita dapat melihat semua yang ada di sekitar kita, selain itu kita juga dapat menikmati segala keindahan di dunia.Oleh karena itu, “Kesehatan mata adalah anugerah yang tidak dapat dibayar dengan apapun”. Melihat begitu sangat berharganya mata bagi kehidupan kita, maka dari itu menjaga mata merupakan hal pokok yang perlu dilakukan setiap harinya. Kenyataannya kita sering lupa untuk melakukan perawatan, padahal sama halnya dengan tubuh, mata mungkin saja terkena gangguan atau masalah kesehatan. Membiasakan kebiasaan yang tidak baik seperti mengucek mata, menonton tv atau komputer terlalu dekat, polusi dan udara yang tidak bersih, serta radiasi sinar matahari merupakan hal-hal yang dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan pada mata. Gangguan kesehatan pada mata yang umum terjadi adalah penurunan fungsi penglihatan, gejala mata merah tanpa ada penurunan fungsi penglihatan turun. Sampai saat ini, penyakit mata yang banyak diderita adalah katarak.
        Merawat kesehatan mata sangatlah penting, karena sayang sekali apabila penglihatan kita hilang. Sebelum terjadi sesuatu pada mata, alangkah baiknya kita menjaga dan merawatnya dengan benar. Mata sangat rentan dan sensitive sekali, misalkan jika kita terlalu sering dan terlalu menggosok-gosok mata berlebihan, maka akan mendapat penyakit yang mungkin besar. Selain hal itu, kita juga perlu datang ke dokter untuk berkonsultasi dengan teratur.

Merawat Kesehatan Mata

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merawat kesehatan mata :
  • Wortel
Sudah menjadi rahasia umum, wortel mampu menjaga kesehatan mata. Wortel    mengandung betakaroten yang kaya akan Vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

  • Telur
Telur sangat kaya akan Protein dan Vitamin. Telur juga memiliki Vitamin A yang tentunya sangat baik sekali untuk mata. Selain itu, kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur diketahui bisa mencegah penyakit katarak.
·         Pakai Pelindung Mata
Saat berkendara, sinar matahari, berolahraga, dan aktivitas lainnya, cobalah untuk   menjaga mata tetap aman dan terhindari dari debu, maka kami menyarankan untuk melindungi mata kita dari hal itu.
  • Istirahat Cukup
Sama seperti anggota tubuh yang lainnya, mata juga butuh istirahat yang cukup. Seperti menonton dan depan komputer berjam-jam sangatlah membuat mata cukup lelah, maka dari itu selangkanlah waktu untuk mengistirahatkan mata sejenak dengan melihat objek yang jauh.
  •  Periksa Mata
Jika mata anda terasa ada yang beda atau jika mata anda kemasukan benda-benda kecil, sebaiknya untuk memeriksa mata anda ke dokter.

By: Zulvi Fazria


3 komentar: