Minggu, 11 Agustus 2019

Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara


Hasil gambar untuk perayaan hari raya idul adha diberbagai negara

Penduduk Indonesia biasanya merayakan Hari Raya Idul Adha dengan takbir keliling, sholat ied bersama di masjid terdekat, kemudian menyembelih hewan kurban. Setelahnya, daging kurban dibagi-bagikan dan dimasak untuk dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. Lalu, bagaimana dengan negara-negara lainnya dalam merayakan idul adha? Apakah mereka juga punya tradisi unik dalam merayakan Idul Adha?

China
Meskipun umat muslim di China tergolong minoritas, namun tak menyurutkan mereka dalam perayaan Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha di China dirayakan selama empat hari berturut-turut. Berbagai sumber mengatakan bahwa masyarakat muslim di China akan meliburkan diri dan mengisi harinya dengan berbagai acara keagamaan. Seperti melakukan tadarus, membaca Al-Quran, bersalawat, saling memberi bingkisan satu sama lain dan bersilaturahmi dalam sebuah pesta kecil-kecilan.

Turki
Lain halnya dengan negara Turki. Negara yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri dalam merayakan Hari Raya Idul Adha. Hewan-hewan kurban di Turki akan didandani sebelum disembelih. Hewan tersebut akan dihias dengan henna dan pita sehingga hewan kurban akan terlihat cantik. Tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Penduduk Turki akan melakukan salat Ied bersama di masjid dan kemudian menyembelih hewan kurban bersama-sama, lalu memasaknya dengan keluarga. Hidangan dagiing tersebut kemudian akan dinikmati bersama makanan khas Turki lainnya. Setelahnya, anak-anak akan mendatangi anggota keluarga yang lebih tua dan tetangga untuk bersalaman dan mencium tangan mereka sebagai tanda penghormatan.

Maroko
Hari Raya Idul Adha dianggap sebagai sebuah festival yang suci di Maroko. Selama empat hari berturut-turut, penduduk Maroko akan menghidangkan kuliner berbahan dasar daging dari berbagai bagian tubuh hewan. Selain menyajikan sajian khas Maroko saat Idul Adha, penduduk setempat juga akan memadati pasar tradisional untuk membeli pakaian tradisional. Pakaian tradisional yang masih baru dijadikan sebagai pelengkap hari raya Idul Adha yang suci ini di Negara Maroko tersebut.

Bangladesh
Di Indonesia kata mudik dapat dijumpai saat libur lebaran, natal maupun tahun baru. Berbeda dengan negara yang satu ini, masyarakat Bangladesh akan mudik saat Hari Raya Idul Adha. Bagi masyarakat Bangladesh, Hari Raya Idul Adha dianggap dapat membawa kebahagiaan dan berkah, untuk itu mereka menyiapkan diri untuk berkumpul bersama keluarga.


Oeh: Litbang

1 komentar:

  1. Nice information bgt kak. Jadi tau deh daerah daerah lain.

    BalasHapus