Sabtu, 08 Februari 2020

Virus Corona di Indonesia

image cr : AP (gulfnews.com)

Berdasarkan sumber dari cnnindonesia.com, korban meninggal dikarenakan virus Corona hingga saat ini, Jum'at (7/2) berjumlah 636 orang setelah bertambah 73 orang meninggal. Komisi Kesehatan China seperti dilansir AFP mencatat kasus infeksi virus Corona saat ini meningkat menjadi 22.112 di Provinsi Hubei atau bertambah 3.143 kasus baru. Total kasus infeksi virus Corona di China sejauh ini mencapai 31.161.
Hingga saat ini, WNI yang ada di Wuhan telah dievakuasi pada Sabtu (3/2) lalu. Mereka dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau. Ketika sampai di Batam, WNI dari Wuhan tersebut disemprot semacam cairan untuk mensterilkan pakaian 245 orang yang dievakuasi dari Wuhan. Warga Natuna banyak yang menolak kedatangan WNI tersebut sampai memblokir akses masuk ke Natuna, namun pada akhirnya WNI dari Wuhan tetap dikarantina di Natuna. Selama dikarantina, WNI dari Wuhan tersebut melakukan aktivitas seperti olahraga, makan, dan aktivitas lainnya bersama personil TNI. Sedangkan warga Natuna yang tinggal di daerah dekat lokasi karantina, mengungsi ke daerah lain. Berdasarkan pemeriksaan, tidak ada WNI yang positif virus Corona di Natuna. Rencananya karantina dilakukan selama 2 minggu.
Sedangkan WNI yang tinggal di Singapura sebagai asisten rumah tangga telah dinyatakan positif terkena virus Corona. Pihak Indonesia terus memantau perkembangan warga tersebut.
Virus Corona diduga menyebar melalui kelelawar dan binatang laut. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan status gawat darurat wabah virus Corona. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut pemerintah harus meningkatkan kesiagaan terhadap penyebaran virus Corona dengan adanya status tersebut. Artinya bahwa semua negara harus siaga terhadap virus Corona. Rumah sakit harus mempersiapkan ruangan isolasi untuk pasien virus Corona dan mencegah penularan.
Untuk mencegah penularan, kita perlu mengetahui gejala dan cara penularan virus Corona. Gejala pada umumnya yaitu, batuk, pilek, sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, dan sesak napas. Jika mengalami gejala tersebut maka sebaiknya segera menghubungi dokter untuk memeriksakan diri. Untuk mencegah penularan, kita harus memakai masker jika sedang flu atau batuk, mencuci tangan dengan benar sebelum makan, memasak ikan, daging, dan telur sampai matang. Cara penularan virus tersebut melalui batuk, bersin, dan terkena cairan dari orang yang terinfeksi. 

oleh : genut

3 komentar:

  1. Informasi terbaru, sebanyak 2 orang WNI terkena virus corona.. Maka dari itu, pencegahan harus dilakukan oleh setiap masyarakat dengan cara memahami gejala-gejala nya dan bagaimana menanganinya.

    BalasHapus